Monday, July 5, 2010

Komputer Tidak Bisa di Install Windows

Kejadian seperti ini saya alami. Ingin mencoba versi linux terbaru, tapi setelah di install ternyata error, ada banyak file yang tidak dapat dicopy. Ini terjadi karena DVD room-ku sudah bosok. Sudah beberapa kali dicoba install tapi tetap saja tidak bisa. Akhrinya menyerah tidak pengen mencoba linux versi baru dan pengen kembali pakai windows.

Restart dan masukin CD windows xp. Keluar tulisan yang kira-kira artinya 'tekan sembarang tombol jika ingin membooting', setelah itu keluar tulisan kira-kira "system checking your hardware configuration". Lama. Sambil nunggu, saya membuat secangkir kopi. Setelah kembali di depan komputer, kok masih sama, kosong melompong, tidak ada tulisan windows setup ataupun tulisan lain. Restart lagi. Muncul tulisan seperti di atas lagi, dan kosong melompong lagi. Restart lagi beberapa kali sampai tidak terhitung sudah berapa kali komputer di restart. Menyerah. Matiin komputer.

Esok harinya coba lagi mau install. Terasa banget ga ada komputer sepi banget. Tidak bisa install windows, coba install OS lain. Ada dua pilihan : igos dan mandriva. Akhirnya pilih mandriva.
Saat mempartisi hardisk, partisi yang tersisa file sistemnya saya buat NTFS. Install. Selesai. Tapi kok ada yang kurang ya. Pengen coba lagi install windows.
Coba lagi masukin CD windows xp. Setelah keluar tulisan windows setup, legaaa...bangeettt. Install berjalan lancar.

Pelajaran yang bisa saya petik dari peristiwa di atas adalah :
Ternyata, jika hardisk yang sudah terinstall linux mau diganti windows tidak akan bisa jika CD installernya tidak ada program partisinya. Jika CD installernya tidak ada program partisinya masih bisa install windows jika di hardisk tersebut ada partisi yang file sistemnya NTFS

No comments:

Post a Comment