Friday, January 7, 2011

Kisruh Google dengan Facebook

Facebook telah lama menjadi layanan "jalur satu arah". Kita meletakkan data agar dapat terhubung dengan teman, tapi kemudian kita tidak bisa menggunakan sesuai keinginan kita. Akibat kebijakan facebook tersebut, google menyatakan bahwa mereka tidak akan membiarkan layanan diluar sinkronisasi kontak google, kecuali jika facebook mengubah kebijakannya dengan membiarkan komunikasi dua arah.

Perubahan ini tampaknya akan mengubah cara kerja facebook yang hanya bisa mengimpor data kontak saja, sedangkan untuk ekspor informasi tidak bisa.
"Kami telah memutuskan untuk mengubah pendekatan kita, sedikit untuk mencerminkan fakta bahwa pengguna seringkali tidak menyadari bahwa setelah mereka mengimpor kontak mereka ke situs seperti facebook, mereka secara efektif terjebak," tulis google.

Kebijakan google ini seharusnya tidak mempengaruhi penggunaan info kontak dengan sinkronisasi perangkat, karena ponsel seperti android biasanya menyimpan perubahan sistem. Google tidak menyimpan motivasi lain selain kebebasan penggunaan data, tapi diduga hal ini dikarenakan facebook menolak membuat informasi pengguna mudah dicari dan diekspor.

Memiliki akses data pengguna facebook akan membuat google mudah menyediakan hasil pencarian yang lebih rinci dengan menggunakan jaringan sosial. Kode web facebook banyak dikritik karena banyak eksklusivitas.

sumber : pcmedia

No comments:

Post a Comment