Tuesday, August 17, 2010

India akan Produksi ‘iPad’ Rp300 Ribuan

India berencana untuk mengembangkan komputer tablet layar sentuh dengan harga yang lebih terjangkau daripada komputer tablet buatan apple, ipad. Rencananya komputer tablet ini ditujukan untuk pasar pelajar. Sistem operasi untuk komputer tablet ini nantinya adalah linux, yang merupakan sistem operasi yang opensource. Untuk sarana menyimpan data, rencananya menggunakan kartu memori. Tidak seperti komputer pada umumnya yang menggunakan hardisk sebagai sarana penyimpanan data.

Kemungkinan aplikasi-aplikasi yang tertanam dalam perangkat komputer tablet ini adalah pengolah kata, aplikasi browsing internet, video conference, pemutar multimedia, aplikasi pembaca file pdf. Perangkat ini juga kemungkinan akan disematkan konektivitas WIFI.

Sumber energi untuk tablet ini kemungkinan baterai yang berkapasitas 2 watt dan juga kemungkinan akan menggunakan sumber energi matahari

Saat ini pemerintah india sedang mencari perusahaan elektronik yang bersedia memproduksi komputer tablet tersebut yang kemungkinan akan diproduksi pada tahun 2011. Pemerintah india mematok harga untuk komputer tablet ini kemungkinan $35 dollar atau sekitar 300-ribuan. Ke depannya, pemerintah india akan memberikan subsidi agar harganya dapat lebih terjangkau pelajar, sehingga harganya menjadi sekitar $20 atau $10 dollar. Kalau nilai tukar rupiah Rp 9.000, maka harganya kalau dirupiahkan Rp 180 ribu atau 90 ribu.
wooghh...murah banget. harganya lebih rendah daripada ponsel cina yang beredar di Indonesia saat ini.


sumber : vivanews

No comments:

Post a Comment