Tuesday, August 24, 2010

Review Nokia C6

Spesifikasi
Ukuran 113,4x53x16,8 mm, Layar sentuh 3,2" resolusi 640x360 (nHD) 16,7 juta warna, nada dering video, baterai Li-Ion BL-4J 1.200 mAh, GSM/ WCDMA, memori internal 200MB, kartu memori microSD sampai 16GB, jaringan data CSD, HSCSD kecepatan maksimal 43,2 kbps, HSDPA kecepatan maksimal hingga 3,6 Mbps, WLAN, dukungan TCP/IP, Dual Transfer Mode (DTM), dapat dijadikan modem, mendukung sinkronisasi kontak, kalender dan catatan, GPS/A-GPS terpadu.
Quad band EGSM 850/900/1800/1900, WCDMA 850/900/1900/2100, Buetooth versi 2.0, USB 2.0, konektor AV 3,5 mm.
Platform S60 edisi 5, symbian OS versi 9,4, email (SMTP, IMAP4, POP3), MMS, SMS, editor serba guna, melihat lampiran email : doc, xls,.ppt,.pdf, jaringan sosial (facebook, Hi5, MySpace) Ovi Maps, Ovi store, ovi share, ovi contacts, Aplikasi PC : microsoft outlook, outlook express, lotus organizer, lotus notes.

penjelajah web penuh, bahasa markup yang didukung HTTP v1.1, wap, riwayat visual, dukungan HTML dan JavaScript, Flash Lite 3.1 dan dukungan video flash, nokia mobile search, pembaca RSS. Kamera 5MP (2.584x1.938 pixel) format foto JPEG, EXIF, autofakus dan lampu kilat LED terpadu, perbesaran hingga 4x (digital), kamera kedua untuk panggilan video (QVGA). Nokia music Player, Radio FM stereo RDS.

Paket Penjualan
Nokia C6, baterai BL-4J, charger AC-8, cable CA-101D, stereo headset WH-102, 2GB mikroSD.

Konstruksi Desain
Produk C6 ini disasar untuk kelas middle. Fitur dan desainnya persis dengan nokia N97 mini. Namun dalam posisi tertutup lebih mirip nokia 5800 expressMusic.

Music Player
Bisa dibilang music player model ini handal, namun desainnya standar sama dengan seri-seri sebelumnya. Kemudahan menjadi aspek kunci ponsel sentuh menjadikannya lebih dinamis. Di dalam music library secara otomatis di pilah-pilah bersadarkan artis, album, genre, komposer dan trek. Kita juga dapat membuat playlist sendiri dalam waktu singkat. Proses menambahkan trek kemusic library cukup mudah seperti memilih opsi refresh.

Dukungan video player Divx/ XviD
Layar yang cukup lebar membuat lebih jelas ketika menonton video di C6. Namun, tidak disertai dengan maksimal format video Divx/ XviD. Tapi jangan khawatir karena ada aplikasi built-in untuk memaksimalkan berbagai format video. Video sendiri bekerja dalam modus fullscreen landscape. Ketika pada posisi layar penuh , cukup buat ketukan di layar. Hal ini menunjukkan kontrol yang biasanya tersembunyi.

Kelayakan kamera
Untuk User Interface (UI) kamera sama dengan tampilan 5800 XpressMusic, N97 atau N97 mini. Semua pengaturan ada dalam satu menu, kecuali untuk pengaturan flash yang bisa dilakukan melalui "jalan pintas". Setidaknya, berbagai pengaturan kamera cukup beragam. Mulai dari manual white balance, ISO untuk kompensasi eksposur, ketajaman dan kontras. Berbagai efek juga tersedia untuk memaksimalkan hasil jepretan. Fitur Geotagging juga disematkan tapi belum tersedia fitur canggih seperti deteksi wajah dan deteksi tersenyum. UI perekaman video tidak berbeda dengan fitur pada kamera. Kamera ini dapat menangkap video dalam resolusi VGA atau 640x352 pixel dalam frame per second (fps).

Web Browser
Web browser-nya cukup menarik, browser bawaan nokia tipe S60 ini layak untuk digunakan terutama untuk jenis gulir kinetik. Memiliki rendering halaman yang baik dan beberapa fitur bagus. Seperti ukuran font yang berbeda (5 pilihan) serta otomatis dalam mengisi url dan password manager.
Bulit-in RSS reader. Untuk download manager tetap disetiap halaman. Pengguna dapat membuka tab baru dengan cara meng-klik link pop-up. Visual history merupakan alternatif bagus bagi yang ingin mencari halaman yang telah dikunjungi

Kesimpulan

Kelebihan
Layar sentuh 3,2 inchi dengan resolusi 640x360 pixel, keyboard full QWERTYdengan slide out four row, CPU ARM 11 434MHz, kamera 5MP autofokus dengan LEDflash dan video recording VGA @30fps, WIFI dan stereo bluetooth v2.1 GPS dengan A-GPS, dan lisensi panduan suara, card microSD yang mampu menampung hingga 16GB, audio jack 3.5 mm, port microUSB, web browser dengan dukungan penuh flash, kualitas audio menarik dan office document viewer.

Kekurangan
kinerja tampilan buruk di bawah sinar matahari langsung
TIdAk tersedia USB off
Loudspeaker kurang maksimal, tidak ada dukungan video Divx/ XviD
Tidak ada dukungan editing office document
Tidak ada pelindung lensa kamera.

sumber :
foto : situs nokia
artikel : tabloid news ponsel

No comments:

Post a Comment